1. Anjing

Harga Anjing Maltese, Jenis, Ciri-Ciri, Sifat, & Cara Merawatnya

Anjing Maltese adalah salah satu anjing dengan wajah lucu dan menggemaskan. Mereka termasuk dalam ras anjing yang tidak bisa dan sangat cocok untuk dijadikan sebagai teman kesayangan. Apakah Animalovers tertarik mengetahui info anjing maltese lebih dalam? Yuk, simak penjelasannya. 

Maltese, Ras Anjing Mirip Boneka Terlucu di Dunia

Gambar anjing malta
(Sumber: <a href="https://Gambar oleh <a href="https://pixabay/id/users/pezibear-526143/?utm_source=link-attribution&utm_medium=referral&utm_campaign=image&utm_content=1116666">Pezibear</a> dari <a href="https://pixabay/id/?utm_source=link-attribution&utm_medium=referral&utm_campaign=image&utm_content=1116666">PixabayPixabay)

Maltese adalah anjing ras yang sangat mirip boneka, bulu mereka begitu halus dan selembut sutra. Bulu ini juga sangat kuat dan tidak mudah rontok. Anjing lucu ini telah terkenal lama sejak berabad-abad lalu dengan berbagai nama seperti pada awalnya “Canis Melitaeus”  yang berarti anjing kuno malta, “Anjing Romawi Ladies”, dan “Anjing Singa Malta”. Pada abad ke-19, secara resmi The Kennel Club memberikan nama Malta untuk anjing ini.

Menurut garis keturunannya, malta diperkirakan berasal dari anjing spitz yang ditemukan di daerah danau Swiss yang dilahirkan dengan badan kecil. Selain itu terdapat pula penemuan bukti bahwa anjing malta masih satu ras dengan Tibetan Terrier yang masih belum pasti asalnya.

Jenis tertua dari Maltese ditemukan di kota Etruscan dan kota Vulci yang digambarkan bersama dengan kata Μελιταιε (Melitaei). Para arkeolog meneliti benda Athenian ini berada sejak zaman 500 SM.  Aristoteles, sang filsuf pun mengenal anjing kuno ini dengan menyebut nama Melitaei Catelli ketika ia sedang membandingkan anjing Mustelidae pada tahun 370 SM.

Pada abad ke 17 hingga 18 para peternak anjing mengembangbiakkan anjing ini agar ukurannya semakin kecil. Anjing ini hampir hilang dan punak sehingga dikawin silangkan dengan anjing ras kecil lainnya. Pada abad 19, pengembangan anjing mirip boneka ini telah menghasilkan sembilan keturunan yang berbeda. 

Ciri-Ciri Anjing Maltese Paling Unik

Gambar anjing malta sebagai anjing peliharaan
(Sumber: <a href="https://Gambar oleh <a href="https://pixabay/id/users/touda80-1609542/?utm_source=link-attribution&utm_medium=referral&utm_campaign=image&utm_content=4438183">Jo Quek</a> dari <a href="https://pixabay/id/?utm_source=link-attribution&utm_medium=referral&utm_campaign=image&utm_content=4438183">PixabayPixabay)

Maltese memiliki ciri-ciri unik dengan wajah polos dan menggemaskannya. Anjing ini biasanya memiliki standarnya sendiri dimana jika terdapat anjing malta yang tidak sesuai standar tidak akan terlalu diminati. Berikut ciri-ciri anjing maltese:

1. Mata dan Hidung Hitam Bulat

Maltese memiliki bentuk mata dan hidung bulat yang membuatnya terlihat seperti boneka hidup. Mata Maltese biasanya akan berair dan pemilik wajib memperhatikannya agar tidak membuat mata mereka kotor. 

2. Bulu Lebat dan Panjang

Ciri unik dari Maltese adalah bulu lebatnya yang begitu panjang. Terdapat standar dari warna bulu ini, yakni harus berwarna putih murni namun terkadang anjing maltese berwarna krem masih dapat diterima dan beberapa warna lain seperti putih gading dianggap tidak sempurna. Bulunya terkadang boleh bergelombang dan berkilau dengan panjang.

3. Wajah Polos dan Ramah

Maltese disenangi karena wajahnya sangat polos dan ramah. Mereka sangat senang bersosialisasi dan sangat manja pada siapapun terutama pada pemiliknya. Anjing ini akan sangat menghibur jika berada di sebuah keluarga untuk meramaikan suasana.

Sifat Anjing Maltese

Gambar anjing malta yang manja dan pemiliknya
(Sumber: <a href="https://Gambar oleh <a href="https://pixabay/id/users/touda80-1609542/?utm_source=link-attribution&utm_medium=referral&utm_campaign=image&utm_content=4438183">Jo Quek</a> dari <a href="https://pixabay/id/?utm_source=link-attribution&utm_medium=referral&utm_campaign=image&utm_content=4438183">PixabayUnsplash)

Wajah polos Maltese seolah mengatakan mereka sangat ramah, ternyata mereka memang beneran ramah loh, Animalovers. Ayo mengenal kepribadian mereka lebih jauh.

1. Terikat Secara Emosional dengan Manusia

Sama seperti anjing lainnya, Maltese memiliki keterikatan secara emosional dengan manusia. Mereka sangat memuja manusia dan lebih memilih untuk tinggal di dekat manusia. Anjing kecil ini akan setiap memberikan setiap cintanya kepada manusia, terutama pemiliknya.

2. Suka Cari Perhatian

Sebagai anjing yang sangat suka bersosialisasi, Maltese suka mencari perhatian orang-orang disekitarnya. Mereka senang bermain dan beraktivitas bersama manusia. Jadi, jangan heran jika kamu memelihara anjing ini dan mengabaikannya mereka akan mencari segala cara untuk mencari perhatian Animalovers.

3. Sangat Ramah ke Anak Kecil

Sama-sama memiliki energi yang cukup besar, Maltese sangat senang bermain dengan anak-anak. Mereka dapat menyayangi anak kecil dan menjaga mereka. Namun, perlu diperhatikan ada kalanya Maltese cenderung sedikit agresif dan tidak sabar dengan anak kecil.

Jenis Anjing Maltese

Dari hasil pengembangan oleh para peternak, terdapat beberapa jenis anjing maltese. Berikut penjelasannya.

1. Maltipoo

Gambar anjing maltipoo
Maltipoo (Sumber: <a href="https://Gambar oleh <a href="https://pixabay/id/users/350543-350543/?utm_source=link-attribution&utm_medium=referral&utm_campaign=image&utm_content=1222368">350543</a> dari <a href="https://pixabay/id/?utm_source=link-attribution&utm_medium=referral&utm_campaign=image&utm_content=1222368">PixabayPixabay)

Salah satu jenis anjing maltese yang menggemaskan adalah Maltipoo. Mereka sangat cantik dan sangat senang ketika dicintai. Jenis anjing yg satu ini adalah hasil perkaiwnan silang antara Matese murni dengan Puddle.

2. Malshi

Gambar anjing mashi
(Sumber: <a href="https://Gambar oleh <a href="https://pixabay/id/users/350543-350543/?utm_source=link-attribution&utm_medium=referral&utm_campaign=image&utm_content=1222368">350543</a> dari <a href="https://pixabay/id/?utm_source=link-attribution&utm_medium=referral&utm_campaign=image&utm_content=1222368">PixabayUnsplash)

Hasil mix dari Maltese dan Shihtzu menghasilkan jenis anjing Malshi yang begitu lucu dan mungil. Mereka sangat aktif dan memiliki energi yang besar walaupun badannya sangat kecil.

3. Malchi

Gambar anjing malchi
(Sumber: Imgarcade)

Dua ras mungil Maltese dan Chihuahua menghasilkan anjing Malchi sangat menggemaskan dan berwajah semakin polos. Anjing jenis ini biasanya memiliki bulu yang sedikit keriting di bagian kepala dan lurus di bagian tubuhnya. Mereka sangat menggemaskan bukan?

4. Morkie

Gambar anjing morkie
Morkie (Sumber: Pexel)

Hasil perkawinan dua ras yakni Yorkshire Terrier dan Maltese menghasilkan jenis Morkie. Bulu anjing jenis maltese sedikit keriting dan berwarna coklat pada bagian telinga.

5. Maltichon

Gambar anjing Maltichon
(Sumber: Pet Guide)

Perawatan Beagle dan Maltese menghasilkan Maltcon yang begitu cantik. Mereka sangat ramah dan penyayang, mungkin Maltichon adalah pilihan terbaik untuk dijadikan anjing peliharaan Animalovers.

6. Maltipom

Gambar anjing maltipom
(Sumber: <a href="https://Photo by <a href="https://unsplash/@travelkat74?utm_source=unsplash&utm_medium=referral&utm_content=creditCopyText">Kathy Marsh</a> on <a href="https://unsplash/s/photos/maltipom?utm_source=unsplash&utm_medium=referral&utm_content=creditCopyText">UnsplashUnsplash)

Siapa pecinta anjing yang tidak mengenal jenis Pomeranian? Anjing mungil dan lucu tersebut kemudian dikawinkan dengan Maltese menghasilan anjing yang semakin lucu dan imut. Bagi pecinta anjing ras yang tidak besar, Maltipom dapat menjadi pilihan yang tepat.

7. Maltipug

Gambar anjing maltipug
(Sumber: Hepper)

Jenis yang satu ini campuran dari Maltese dan Pug yang menghasilkan anjing dengan bulu berwarna hitam yang menggemaskan. Bulu mereka biasanya akan sangat lebat dan terlihat seperti bersinar.

Info Makanan dan Harga Anjing Maltese Terbaru 2022

Gambar anjing maltese
(Sumber: <a href="https://Gambar oleh <a href="https://pixabay/id/users/pezibear-526143/?utm_source=link-attribution&utm_medium=referral&utm_campaign=image&utm_content=1158957">Pezibear</a> dari <a href="https://pixabay/id/?utm_source=link-attribution&utm_medium=referral&utm_campaign=image&utm_content=1158957">PixabayPixabay)

Makanan maltese adalah daging ayam, daging sapi, daging tuna, daging babi, jagung, dan daging unggas lainnya. Animalovers dapat memberikannya makanan kemasan secara langsung yang sudah lengkap dengan takaran gizi yang pas.

Harga anjing maltese kecil berkisar antara Rp2.000.000,00. hingga Rp3.000.000,00. dan harga anjing maltese dewasa sekitar Rp3.500.000,00. Semakin murni, maka harga anjing maltese akan semakin mahal.  

Cara Merawat Anjing Maltese

Gambar anjing maltese lucu
(Sumber: Pexel)

Merawat anjing maltese tidak sulit kok. Anjing mungil yang satu ini dapat menjadi peliharaan oleh pemula. Berikut beberapa cara merawat anjing maltese.

1. Latih Kemampuannya Sejak Dini

Animalovers harus melatih kemampuannya sejak dini agar menjadi anjing yang pintar. Hal-hal dasar yang harus dipahami oleh Maltese adalah mengetahui tempat poop, bisa diperintah, dan lainnya.

2. Bersihkan Bulu, Kuku, dan Giginya Dengan Rutin

Menjaga kebersihan adalah salah satu hal yang utama dalam merawat Maltese. Bulu mereka yang putih membuat pemilik harus ekstra menjaga kebersihan mereka agar bulunya tetap mengkilap dan indah. Perawatan kuku dan gigi juga harus dilakukan secara rutin agar Maltese selalu bersih dan terawat sehingga tidak terserang penyakit.

3. Berikan Reward Setelah Training

Agar Maltese selalu bersemangat, ada baiknya pemilik menyiapkan reward setelah sesi latihan berlalu. Hal ini agar Maltese tidak bosan dan menjaga semangatnya dalam mempelajari sesuatu. Animalovers dapat memberikan mainan ataupun makanan sebagai hadiah atas semangatnya.

4. Jangan Abai Saat Maltese Cari Perhatian

Sebagai anjing yang sangat senang disayang, maka tidak heran jika anjing ini selalu ingin mencari perhatian. Maka dari itu, pemilik tidak boleh abai ketika Maltese mulai mencari perhatian, mereka sedikit agresif ketika mendapat pengaaiandan dapat membuatnya stress. Selain itu, jangan meninggalkan maltese terlalu lama sendiri karena itu dapat membuat mereka kesepian.

Baca juga: Harga Anjing Pomeranian, Jenis, Ciri-Ciri, & Cara Merawatnya

Maltese adalah anjing peliharaan yang lucu dan pas untuk menemani Animalovers di rumah. Anjing manis ini mampu menjadi sebagai teman yang memiliki jiwa penyayang dan membuat hari-hari lebih ceria ketika berada di rumah. Tertarik mengadopsi mereka?

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Harga Anjing Maltese, Jenis, Ciri-Ciri, Sifat, & Cara Merawatnya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Musang adalah kelompok hewan kecil yang tergolong dalam famili Viverridae. Mereka ditemukan di berbagai habitat di seluruh dunia, termasuk Asia, Afrika, dan Eropa. Musang memiliki keunikan tersendiri, dari penampilan fisik hingga perilaku mereka. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai jenis musang dan memahami perbedaan di antara mereka. Pengenalan tentang Musang Musang adalah mamalia kecil […]
    Penggemar hewan peliharaan sering mencari pilihan yang unik dan menarik, dan bunglon peliharaan adalah salah satu pilihan yang menarik perhatian. Bunglon adalah reptil kecil yang terkenal dengan kemampuannya untuk mengubah warna kulitnya. Selain itu, perilaku dan penampilannya yang menarik membuat mereka menjadi pilihan populer di kalangan pecinta hewan. Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai […]

    Trending

    Tidak banyak yang tau tentang perbedaan kelabang dan kaki seribu, bahkan banyak yang menganggapnya sama. Salah satu perbedaan utama kaki seribu dan kelabang adalah habitatnya. Sekilas, kaki seribu (Diplopoda) dan kelabang (Coleoptera) memang mirip. Padahal jika diperhatikan lebih jauh, keduanya memiliki bentuk yang berbeda. Keduanya sama-sama memiliki kaki yang banyak, namun kaki seribu memiliki ukuran […]
    Kamu sedang bingung karena kucingmu terserang diare? Jika kucing terus menerus mencret, akan berbahaya jika tidak segera ditangani. Tapi jangan khawatir, apabila kamu belum bisa pergi ke dokter hewan, kamu bisa mencoba cara mengobati kucing mencret secara alami di rumah dengan bahan-bahan yang mudah dicari. Simak artikel ini sampai habis! 1. Mengganti Asupan Makanan Kucing […]
    Ikan pembersih akuarium tentu sangat penting untuk dimiliki agar bisa membantu menjaga kebersihan akuarium dari berbagai kotoran, sisa makanan, serta lumut. Masih bingung apa saja jenis ikan yang ampuh untuk membersihkan akuarium? Simak penjelasan selengkapnya pada artikel animalogi kali ini! 1. Ikan Corydoras  Ikan pembersih akuarium ini masih tergolong dalam subfamili dari ikan lele atau […]